Dugaan Malpraktik, Kepala Bayi Tercekik Hingga Tewas Saat Persalinan

- Selasa, 2 Agustus 2022 | 15:10 WIB
Bayi Meninggal Terjepit Saat Persalinan, DPRD Panggil RSUD Jombang (Pixabay)
Bayi Meninggal Terjepit Saat Persalinan, DPRD Panggil RSUD Jombang (Pixabay)
younity.id - Kejadian mengenaskan terjadi di RSUD Jombang, Jawa Timur. Seorang bayi meninggal dunia usai lehernya tercekik saat proses persalinan, penyelamatan terpaksa dilakukan dengan cara memotong kepala bayi agar dapat menyelamatkan nyawa sang ibu.
Pemilik akun twitter @MinDesiyaa dalam unggahannya menuliskan kronologi kejadian hingga akhirnya terjadi peristiwa mengenaskan tersebut.
Sontak saja, kejadian ini menuai geram para pengguna media sosial yang menilai RSUD Jombang telah melakukan dugaan malpraktik terhadap pasien.
Mereka menganggap pihak rumah sakit bertindak ceroboh karena tidak segera melakukan operasi untuk mengupayakan keselamatan bayi sesuai rujukan puskesmas.
Ayah bayi, Yovi Widianto (26) terlihat sangat terpukul atas kepergian anaknya. 
Yovi mengatakan selama masa kehamilan istrinya rutin kontrol kesehatan. Pihak puskesmas tempat istrinya melakukan cek kandungan juga mengingatkan bahwa ketika persalinan harus operasi caesar. 
Alasannya karena kondisi pinggul sang istri berukuran kecil serta adanya riwayat hipertensi dan diabetes yang tidak memungkinkan untuk persalinan secara normal. 
Pertimbangan itulah yang membuat pihak puskesmas Sumobito segera merujuk ke RSUD Jombang untuk melakukan tindakan operasi.
Namun, setibanya di RSUD Jombang, petugas justru memaksa untuk melahirkan secara normal.
Akibatnya saat proses kelahiran berlangsung dan kepala bayi sudah keluar, proses kelahiran tiba-tiba terhenti karena kondisi sang ibu mulai melemah yang menyebabkan leher bayi tercekik dan meninggal dunia. 
Dokter kemudian terpaksa mengambil tindakan dengan cara memotong kepala bayi dan mengambil tubuhnya yang masih di dalam rahim dengan cara operasi caesar. 
Sementara itu, pihak RSUD Jombang membantah anggapan tidak mau melakukan operasi caesar. Kepala Bidang Pelayanan Medis RSUD Jombang dr.Vidya Buana menjelaskan, saat tiba di RSUD Jombang, posisi bayi sudah berada di pangkal rahim, sehingga dokter memutuskan untuk melahirkan normal.
"Waktu datang sudah bukaan tujuh, sehingga dilakukan persalinan normal," katanya.
***

Editor: Cahyo Widhi Prihanggoro

Tags

Artikel Terkait

Terkini

8 Orang Jadi Korban Bencana Banjir di Korea Selatan

Rabu, 10 Agustus 2022 | 11:02 WIB

Bacaan Doa untuk Akhir dan Awal Tahun Baru Islam

Jumat, 29 Juli 2022 | 18:10 WIB

Terpopuler

X