Bacaan Doa untuk Akhir dan Awal Tahun Baru Islam

- Jumat, 29 Juli 2022 | 18:10 WIB
Iluistrasi  link twibbon Tahun Baru Islam 2022 1 Muharram  (Freepik.com)
Iluistrasi link twibbon Tahun Baru Islam 2022 1 Muharram (Freepik.com)

younity.id - Hari ini umat muslim merayakan pergantian tahun. Tahun Baru Islam diperingati setiap tanggal 1 Muharram 1445 H yang dihitung berdasarkan kalender Islam. 

Tahun ini, momen Tahun Baru Islam jatuh pada Sabtu, 30 Juli 2022. Amalan yang dapat dilakukan untuk menyambut Tahun Baru Islam diantaranya yakni memanjatkan doa akhir dan awal tahun.

Maksud dari pemanjatan doa ini agar dosa pada tahun sebelumnya dimaafkan dan harapannya di awal tahun mendapat keberkahan dari Allah SWT.

Baca Juga: Yuk, Isi Waktu Waktu Luangmu ke 3 Tempat Bermain Edukatif di Jakarta!

Doa akhir tahun dapat dipanjatkan pada waktu setelah ashar atau sebelum waktu maghrib.

Doa akhir tahun

اَللَّهُمَّ مَا عَمِلْتُ مِنْ عَمَلٍ فِي هَذِهِ السَّنَةِ مَا نَهَيْتَنِي عَنْهُ وَلَمْ أَتُبْ مِنْه وَحَلُمْتَ فِيْها عَلَيَّ بِفَضْلِكَ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلَى عُقُوبَتِي وَدَعَوْتَنِي إِلَى التَّوْبَةِ مِنْ بَعْدِ جَرَاءَتِي عَلَى مَعْصِيَتِكَ فَإِنِّي اسْتَغْفَرْتُكَ فَاغْفِرْلِي وَمَا عَمِلْتُ فِيْهَا مِمَّا تَرْضَى وَوَعَدْتَّنِي عَلَيْهِ الثّوَابَ فَأَسْئَلُكَ أَنْ تَتَقَبَّلَ مِنِّي وَلَا تَقْطَعْ رَجَائِ مِنْكَ يَا كَرِيْمُ

Arab latin: "Allahumma ma 'amiltu min 'amalin fi hadzihis sanati ma nahaitani 'anhu, wa lam atub minhu, wa hamalta fiha 'alayya bi fadhlika ba'da qudratika 'ala 'uqubati, wa da'autani ilat taubati min ba'di jara'ati 'ala ma'shiyatik. Fa inni astaghfiruka, faghfirlî wa ma 'amiltu fiha mimma tardha, wa wa'attani 'alaihits tsawaba, fa'as'aluka an tataqabbala minni wa la taqtha' raja'i minka ya karim."

Artinya: "Ya Tuhanku, aku meminta ampun atas perbuatanku di tahun ini termasuk yang Engkau larang sementara aku belum sempat bertobat, perbuatanku yang Engkau maklumi karena kemurahan Mu sementara Engkau mampu menyiksaku, dan perbuatan (dosa) yang Engkau perintahkan untuk tobat sementara aku menerjangnya yang berarti mendurhakaiMu. Karenanya aku memohon ampun kepadaMu, ampunilah aku. Ya Tuhanku, aku berharap Engkau menerima perbuatanku yang Engkau ridhai di tahun ini dan perbuatanku yang terjanjikan pahalaMu. Janganlah pupuskan harapanku, wahai Tuhan Yang Maha Pemurah."

Halaman:

Editor: Cahyo Widhi Prihanggoro

Tags

Artikel Terkait

Terkini

8 Orang Jadi Korban Bencana Banjir di Korea Selatan

Rabu, 10 Agustus 2022 | 11:02 WIB

Bacaan Doa untuk Akhir dan Awal Tahun Baru Islam

Jumat, 29 Juli 2022 | 18:10 WIB

Terpopuler

X