• Minggu, 24 September 2023

6 Brand Fashion Dunia Rilis NFT Fashion!

- Rabu, 24 November 2021 | 07:49 WIB
Overpriced merilis sebuah NFT melalui produk Hoodie (overpriced)
Overpriced merilis sebuah NFT melalui produk Hoodie (overpriced)

Younity.id - Dengan meningkatnya popularitas NFT atau Non Fungible Token sebagai salah satu monetisasi sebuah karya kreatif, kini mulai bermunculan brand fashion ternama di dunia yang ikut serta meluncurkan NFT.

Baca Juga: Ini Dia 10 Provinsi Dengan Upah Minimum Tertinggi Tahun 2022

Tren dikalangan brand fashion mengenai NFT ini sudah ramai sejak tahun 2021. Meski dipatok harga yang cukup tinggi dan dengan jumlah terbatas, NFT fashion ini cukup menarik banyak perhatian kolektor NFT. Hal tersebut terbukti saat lelang NFT fashion harga yang cenderung tinggi dan sold out dalam waktu yang singkat. Pendekatan yang dilakukan oleh brand fashion terhadap adopsi NFT ini berbagai macam tidak hanya NFT art saja melainkan juga NFT game, game items, video atau short movie, hingga digital collectibles yang berisikan desain dari produk brand tersebut.

Baca Juga: Sst... Instagram Lagi Uji Coba Fitur Baru Loh!

Para kolektor NFT fashion ini juga bisa loh membeli barang fisik dari brand tersebut untuk dikoleksi. Hal ini tentunya agar para kolektor NFT fashion juga dapat menikmatiinya di dunia nyata.

Nah, Berikut merupakan 6 brand fashion dunia yang sudah merilis NFT fashion:

1. GUCCI

  • Selama tahun 2021, Gucci telah merilis dua token NFT. NFT pertama Gucci perkenalkan pada bulan Maret yang bereksperimen dengan digital fashion untum membuat sneakers dalam Augmented Reality (AR) yang dibanderol dengan harga 11.99 USD. Kemudian pada bulan Mei, Gucci merilis NFT berupa short movie untuk memperinngati anniversary ke 100 tahun. Short movie tersebut berdurasi 4 menit ini juga menampilkan sneak peek kolaborasi antara Gucci dan Balenciaga. NFT tersebut dilelang di Christie's dan terjual pada harga 250.000 USD. 

2. LOUIS VUITTON

  • Louis Vuitton (LV) dalam merayakan anniversary ke 200 merilis sebuah NFT game yang bernama "Louis the Game". Game satu ini berceritakan tentang ikon ternama dari LV yaitu Vivienne yang menjelajahi dunia sambil mengumpulkan lilin untuk menuju sebuah pesta. Sepanjang permainan tersebut, para pemain berkesempatan mendapatkan 30 NFT berupa item game. Nah, sepuluh item diantaranya adalah hasil karya digital artist ternama Beeple. Sayangnya, NFT game ini tidak dapat diperjualbelikan jadi hanya sebagai digital collectible saja.

Baca Juga: iPhone 14 Dirumorkan Menggunakan USB C

3. BURBERRY

  • Burberry bekerjasama dengan Mythical Games untuk merilis sebuah NFT game yang bernama 'Blankos Block Party'. Game multiplayer ini menceritakan sebuah brankas virtual yang terdapat vinyl toys bernama Blanko sebagai karakter game yang hidup dalam blockchain. Nah, Burberry adalah brand fashion pertama yang menciptakan sebuah karakter yaitu Blanko atau Sharky B. Dalam game tersebut Sharky B merupakan sebuah karakter limited edition yang membuat karakter tersebut sold out dengan cepat yaitu hanya dalam waktu 30 detik. Selain itu, Burberry juga merilis NFT game lainnya berupa aksesoris yang dikenakan karakter utama tersebut.

4. OVERPRICED

  • Overpriced cukup unik dan berbeda dari tiga brand diatas dalam merilis NFT. Brand satu ini merilis NFT pertamanya dalam bentuk sebuah hoodie. Lalu apa yang unik? Jadi ketika kamu membeli hoodie tersebut, pada bagian belakang hoodie memiliki sebuah kode yang dapat di scan pemiliknya untuk mendapatkan sebuah NFT. Hoodie NFT ini dijual dengan harga 26.000 USD yang dimana bila hoodie ini mengalami kerusakan atau hilang, Overpriced akan mengirimkan penggantinya lengkap dengan kode baru. Sementara kode yang lama otomatis akan terblokir dan tidak dapat di scan kembali.

5. RTFKT

  • RTFKT merilis sebuah sneakers berbentuk NFT lengkap dengan digital merchandise-nya. RTFKT sendiri berkolaborasi dengan visual artis FEWOCiOUS untuk proyek NFT ini. Sneakers ini terdiri dari tiga jenis desain yang dilelang dan terjual sebanyak 600 pasang. RTFKT dalam lelang tersebut meraup pendapatan sebesar 3.1 juta USD dan untuk pembeli dengan nominal terbesar akan mendapatkan kesempatan memiliki sneakers tersebut dalam bentuk fisiknya.

6. JIMMY CHOO

  • Yang terbaru adalah Jimmy Choo, pada bulan Oktober lalu meluncurkan NFT hasil kolaborasi dengan seniman Eric Haze. NFT yang berupa sepatu versi digital ini mereka lelang di Binance. Pembeli dengan bid tertinggipun berkesempatan dalam memperoleh sepatu dalam bentu fisik. Selain itu, Jimmy Choo juga menyediakan 8.88 mystery box yang dijual pada marketplace NFT. Mystery box ini kabarnya berisikan Jimy Choo / Eric Haze Love 100 Glitter, 445 kartu digital yang sangat langka, 3.109 kartu digital langka, dan 5.333 kartu digital biasa. Nah, Kartu digital yang sangat langka dan langka ini berisikan sneak peek koleksi NFT Jimmy Choo yang akan datang.

Baca Juga: Memperpanjang Umur Dengan Bangun Pagi 

Halaman:

Editor: Hafizh Zulfikar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X